Dagregister VOC: Laporan Harian terkait Batavia .




Dagregister merupakan laporan harian terkait apa yang terjadi di Batavia. Perintah kepada Pemerintah Agung untuk membuat dagregister ditetapkan oleh Heren Zeventien melalui surat tertanggal 6 Desember 1621: 

“… dan kami juga berpendapat bahwa perlu untuk membuat dagregister terkait semua yang terjadi serta dilakukan oleh kami dengan cara apa pun, tidak hanya di kantor besar di Batavia melainkan juga di Maluku, Ambon, Banda, yang berhubungan dengan orangorang Inggris dan juga dengan bangsa lain, siapa pun mereka; dan kepada kami harus dikirimkan saalinannya masingmasing dengan memanfaatkan semua kapal yang ada, untuk kami pergunakan sesuai keperluan …” 

Dengan demikian maka Pemerintah Agung mendapat perintah untuk memberitahukan Heren Zeventien tentang apa yang terjadi dan berlaku di dalam kawasan yang termasuk dalam kekuasaannya, dengan menyampaikan laporan harian perihal ‘segala sesuatu’ yang terjadi dan dilakukan di Batavia, dengan mengirim salinan laporan tersebut ke tanah air. Kantor-kantor di luar Batavia diharuskan juga membuat dagregister. Dengan keputusan Gubernur Jenderal Daendels tertanggal 29 Maret 1808, keharusan membuat dagregister dihentikan.

Jilid-jilid laporan itu, seringkali berkaitan dengan satu tahun tertentu, akan tetapi karena diadakan perbaikan, maka terkadang dibagi dalam dua jilid sehingga daftar isi atau indeks bersangkutan terdapat dalam bagian atau jilid pertama. Di dalam uraian terkait jilid-jilid bersangkutan, maka hal tersebut dilaporkan dalam catatan bersangkutan. Daftar isi merupakan cerminan dari marjinalia (ringkasan dari teks yang ditulis dalam catatan pinggir) yang terdapat dalam laporan harian bersangkutan. Pencatatan. kembali dari marjinalia ini dan juga penyalinan kembali dari marjinalia tersebut ke dalam daftar isi, terkadang kurang tepat. Apabila tanggal dari daftar isi berlainan dengan tanggal laporan harian bersangkutan, maka hal tersebut ditulis dalam butir catatan pada jilid bersangkutan.

Hingga tahun 1740 – 1750 dagregister lebih rinci daripada yang sebelumnya. Jilid-jilid menjadi semakin tipis, dan seringkali pada suatu tanggal tertentu ada kata-kata ‘Tidak terjadi sesuatu yang patut dilaporkan’ (atau kata-kata dengan arti demikian). Kemungkinan hal ini diakibatkan oleh mundurnya kegiatan perdagangan. Penjelasan yang lebih dapat diterima adalah bahwa selama kurun waktu sebelumnya, di dalam dagregister dicatat keputusan-keputusan secara lengkap dan juga surat-surat masuk dan keluar dari dan kepada raja-raja pribumi sementara dalam kurun waktu sesudahnya hal itu tidak lagi dilakukan.

Daftar isi dagregister sangat beragam. Sebagian terbesar terkait pemberitahuan perihal kapal-kapal Kumpeni dan kapalkapal asing yang tiba dan berangkat serta perihal muatan masing-masing.; juga perihal surat-surat yang masuk dan yang diangkut ke luar dari dan untuk tanah air, kantor-kantor di luar Batavia dan raja-raja setempat – surat-surat tersebut bahkan dicatat secara keseluruhannya. Juga dilaporkan keeterangan dan peristiwa yang patut diketahui seperti jumlah warga yang meninggal, dibaptis dan dinikahkan di Batavia (bulanan), putusan-putusan pengadilan yang berat, orangorang penting yang tiba seperti para utusan dan kepala dari kantor-kantor di luar Batavia, pemberitahuan terkait badanbadan pemerintah setempat seperti Pengadilan Golongan Swasta dan Lembaga Yang Memerintah kawasan Ommelanden serta pengangkatan pejabat-pejabat penting.

Dagregister yang diuraikan dalam seri ini adalah rinci, berupa minuut, net dan salinan. Dagregister dari tahun 1640 – 1682 sudah diterbitkan sebagai “Dagregister di Kastil Batavia perihal apa yang terjadi di tempat itu dan juga di seluruh kawasan Hindia Belanda. Diterbitkan oleh Asosiasi Seni dan Ilmu Pengetahuan Batavia, bekerjasama dengan Pemerintah Hindia Belanda dan di bawah pengawasan mr. J.A. van der Chijs (a.l.). (Batavia/Den Haag, 1887 – 1931)”.
Mengenai sejumlah salinan dagregister abad ke-20, dapat dilihat dalam rubriek “Dokumen-dokumen yang bukan termasuk Arsip”

[ SUMBER: Arsip Nasional Republik Indonesia / ANRI ]


2457 - 1640 September 10 - 1641 Oktober [31] 
Lihat berkas arsip: 1640-8-10 - 1641-10-31

2458 - 1651 Januari 3 - 1651 Desember 30 
Arsip ini bukan milk dari seri catatan harian.
Ini adalah transkripsi dari resolusi tahun 1651. Aslinya berada Pada inv. No. 865.
Sejarah Arsip: Pada tahun 2013 selama digitalisasi telah ditemukan bahwa inv. No... tidak masuk dalam seri ini. Untuk penyesuaian deskripsi arsip telah diubah.
1651-1-3 - 1651-12-30

2459 - 1653 Januari 1 - 1653 Desember 31 
Lihat berkas arsip: 1653-1-1 - 1653-12-31